Manulife Logo
NAV / UNIT

DEWAN KOMISARIS DAN PENASIHAT


Gianni Fiacco – Presiden Komisaris

Gianni adalah Presiden Komisaris PT Manulife Aset Manajemen Indonesia dan juga Head of Emerging Markets & Chief Strategy Officer, Wealth and Asset Management, Manulife di Asia. Bertugas di Hong Kong, Gianni bertanggung jawab atas pertumbuhan bisnis Wealth & Asset Management di pasar negara-negara berkembang seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina dan Vietnam, serta pengembangan dan penerapan strategi bisnis grup untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan di kawasan Asia.

Sebelum bergabung bersama Manulife Asset Management (Asia), Gianni menjabat sebagai Regional Controller di Manulife Financial Asia, dimana beliau bertanggung jawab atas area keuangan dan akuntansi, perencanaan, analisa bisnis, pajak dan pengendalian internal yang berhubungan dengan keuangan Manulife Asset Management di Asia. Sebelum bekerja di Manulife, Gianni bekerja di PricewaterhouseCoopers LLP di Grup Audit and Assurance Services. 

Gianni memperoleh gelar Bachelor of Commerce dari Universitas Toronto dan pemegang Chartered Accountant (Kanada). Tahun bergabung: 2005

Michael F Dommermuth – Komisaris
Bertugas di Hong Kong, Michael adalah Executive Vice President, Head of Wealth and Asset Management, Asia dan CEO, Manulife Asset Management (Hong Kong).

Michael memimpin bisnis pengelolaan aset dan kekayaan di wilayah Asia. Dalam kapasitasnya tersebut, ia bertanggung jawab untuk menentukan arahan strategi dari grup untuk memastikan pertumbuhan bisnis perusahaan di pasar ritel maupun institusi di seluruh negara di Asia dimana Manulife Asset Management beroperasi. Beliau juga bertanggung atas pengembangan bisnis, manajemen risiko dan kepatuhan, kegiatan operasional, hubungan bisnis dengan klien dari masing-masing negara yang berada di bawah pengawasannya.

Sebelum menduduki jabatannya saat ini, Michael adalah Presiden dari International Asset Management, Manulife Asset Management. Sebelumnya, beliau pernah memimpin area investment operations untuk seluruh negara di Asia (kecuali Hong Kong).  Michael juga pernah bekerja di New York, London dan Sidney sebagai pimpinan dari berbagai unit perusahaan pemeringkat global yang menangani berbagai instrumen keuangan dan asset backed securities.

Michael memiliki gelar Bachelor of Science dalam bidang matematika dan manajemen sains dari Carnegie Mellon University, Pennsylvania, Amerika Serikat. Tahun bergabung: 2001.

Fauzi Ichsan – Komisaris Independen MAMI
Fauzi bergabung dengan MAMI sejak 10 Juli 2020 sebagai Komisaris Independen. Beliau pernah memegang berbagai posisi penting di lembaga pemerintahan dan swasta terkemuka di Indonesia, dengan posisi terakhir sebagai Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan pada periode 2015 – 2020. Sebelumnya, Fauzi menjabat sebagai Managing Director di Standard Chartered Bank Indonesia dan Penasihat Senior Ekonomi untuk Duta Besar Inggris Sir Robin Christopher (1998 – 2000). Ia memulai karirnya sebagai Analis, Harvard Institute of International Development di Kementerian Keuangan RI, kemudian melanjutkan karirnya di Citibank Indonesia dan Singapura. Fauzi meraih gelar MA in Development Studies dari Massachusetts Institute of Technology, AS.

Fauzi mengawali karirnya di tahun 1991, dan bergabung dengan MAMI pada tahun 2020.

Legowo Kusumonegoro – Penasihat Wealth and Asset Management Indonesia (WAM Indonesia)
Legowo Kusumonegoro menjabat sebagai Penasihat untuk Wealth and Asset Management Indonesia (“WAM Indonesia”). Ia memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di industri finansial, perbankan, dan kustodian.

Sebelumnya, Legowo menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”) sejak 2010 hingga 2020. Sebelum itu, ia menjabat sebagai Presiden Direktur di PT First State Investments Indonesia dan Presiden Direktur di PT Bahana TCW Investment Management. Legowo mengawali karirnya di industri keuangan dengan bekerja di Standard Chartered Bank. Ia turut berperan dalam pembentukan industri reksa dana di Indonesia dan saat ini juga menjabat sebagai Dewan Penasihat di Perkumpulan Wakil Manajer Investasi Indonesia (“PWMII”).

Di tahun 2019, Legowo dinobatkan sebagai Tokoh Reksa Dana dalam ajang Bareksa Kontan 3rd Fund Awards 2019. Sebelumnya di tahun 2018, untuk ketiga kalinya, Legowo dinobatkan sebagai CEO of the Year. Penghargaan dianugerahkan oleh Asia Asset Management, sebuah perusahaan publikasi finansial yang terkemuka di Asia dan berbasis di Hong Kong. Pada tahun 2012, Legowo meraih penghargaan Stars of Excellence dari Manulife global.

Legowo meraih gelar Magister Sains di bidang Ekonomi dari Institut Pertanian Bogor dan mendapatkan izin Wakil Manajer Investasi dari Otoritas Jasa Keuangan sejak 31 Juli 1998.

Tahun Bergabung: 2010
Awal Karir: 1989